Sabtu, 18 Oktober 2008

Berbagi Kebahagian di HUT Kabupaten Berau




Beragam acara digelar untuk meriahkan hari jadi Kabupaten Berau dan HUT Kota Tanjung Redeb. Selain pesta rakyat, moment kali ini juga dijadikan ajang untuk lebih memperkenalkan potensi pariwisata Kabupaten Berau.

Kegembiraan tengah meliputi warga Kabupaten Berau. Maklumlah, pada saat ini kabupaten Berau seluas 34.127 Km2 tersebut akan merayakan hari jadinya Kota Tanjung Redeb, sekaliugus dirangkai dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Beragam acara pun digelar. Mulai dari Expo yang dilaksanakan mulai 25 Agustus (setiap 1 tahun sekali) hingga keramaian umum. Seperti pawai pembangunan serta gerak jalan putra-putra yang diikuti siswa SD/MI dan SLTP/MTs dan SLTA (SMU/SMK/MAN).

Ada pula lomba-lomba, seperti lomba kebersihan lingkungan, pertandingan sepak bola, voli dan bulu tangkis. Selain itu, masih ada olah raga teradisional, seperti lomba Engrang, Menyumpit, Logo, Layang-Layang, Lomba Perahu Panjan, Serta Lomba Memancing di Pulau Derawan. Adapun acara utamanya adalah Sidang Paripurna yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Berau pada tanggal 25 Agustus (setiap 1 tahun sekali).

Masyarakat Berau mengatakan peringatan HUT Kabupaten Berau dan HUT Kota Tanjung Redeb kali ini memang direncanakan semariah mungkin. Namun begitu, bukan berarti juga hura-hura, atau peringatan tanpa makna. “Justru sebaliknya, HUT kali ini merupakan momen penting bagi segenap komponen masyarakat Berau untuk intropeksi diri, sampai mana sudah pembangunan yang dilaksanakan membari manfaat bagi kita semua”.

Karena itulah, dalam HUT yang sekaligus dirangkai dengan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Pemerintah Kabupaten Berau selain mengadakan keramaian, seperti Expo dan lomba-lomba, juga mengundang para tokoh masyarakat Berau yang saat ini kebetulan masih berkiprah di luar, para sepuh maupun pejabat mantan bupati. Untuk diajak duduk bersama, berdiskusi dan tukar pendapat.

Sementara itu, bebagai rasa kebersamaan pada Berau Expo yang berlangsung selama 10 hari, Pemkab Berau mengundang tetangganya, yaitu semua kabupaten/kota yang berada di wilayah utara. Seluruh masyarakat juga ikit berpatisipasi. Mulai dari kalangan perusahaan, perbankan, instansi, lembaga maupun paguyuban.

Adapun sasaran Expo bagi kabupaten Berau, adalah agar Berau dikenal lebih luasa lagi. Terutama oleh wisatawan, baik itu asing maupun domestik. Seperti Pulau Derawan sebagai tujuan wisata bahari. Selai wisata bahari di Kepulawan Derawan, Berau masih memiliki potensi lain yang tidak kalah menarik dan bias ditawarkan pada mereka sebagai tujuan wisata. Sungai Berau memiliki kurang lebih 10 sungai. Belum lagi hutan Berau yang masih sangat bagus, baik untuk tujuan wisata maupun penelitian.

Tidak ada komentar: